Monday, November 12, 2012

Tugas Sistem Berkas (SISTEM BLOCK)

Saya akan membahas tentang Sistem Block, demi menyelesaikan sistem berkas saya akan membahas ini. Saya mengambil beberapa pengertian ini dari blog seseorang yang tidak saya kenal, tidak saya panjang dan lebarkan, langsung kita ulas saja.

Data yang dibaca dari atau ditulis ke tape dalam suatu group karakter disebut block.
Suatu block adalah jumlah terkecil dari data yang dapat ditransfer antara secondary memory dan primary memory pada saat akses. Sebuah block dapat terdiri dari satu atau lebih record. Sebuah block dapat merupakan physical record. Diantara 2 block terdapat ruang yang kita sebut sebagai Gap (interblock gap). Bagian dari tape yang menunjukkan data block dan interblock gap.


Panjang masing-masing gap adalah 0.6 inch. Ukuran block dapat mempengaruhi jumlah data/record yang dapat disimpan dalam tape.

Keuntungan penggunaan magnetic tape :

1. Panjang record tidak terbatas
2. Density data tinggi
3. Volume penyimpanan datanya besar dan harganya murah
4. Kecepatan transfer data tinggi
5. Sangat efisien bila semua/kebanyakan record dari sebuah tape file memerlukan pemrosesan seluruhnya (bersifat serial / sequential).

Keterbatasan penggunaan magnetic tape :

1. Akses langsung terhadap record lambat.
2. Masalah lingkungan
3. Memerlukan penafsiran terhadap mesin.
4. Proses harus sequential (bersifat SASD).

Demikian ulasan tentang sistem block ini, semoga bisa bermanfaat bagi dunia dan semesta alam ini. terima kasih.

No comments:

Post a Comment